setiap anak  terlahir jenius, tetapi kita memupuskan kejeniusan mereka dalam enam bulan pertaman (Buckminster fuller)

untuk mempelajari sesuatu praktikanlah (Roger C. Schank)

saat terbaik untuk mengembangkan kemampuan belajar adalah  sebelum masuk sekolah, karena sebagian jalur-jalur yang penting  di otak di bentuk pada tahun-tahun awal  yang penting tersebut.

  • Di California , Jan  Davidson, mantan gurru sekolah, dengan tabungan $6.000 dari  tabungan anaknya  untuk merintis perusahaan multimedia, berhasil menjual perusahaannya seharga $1 milliar

Guru guru yang cemerlang  kini dapat mengajar jutaan orang, melalui komunikasi  elektronik interaktif, dan meraup  banyak uang dari  pekerjaan yang mereka sukai.

orang dapat  belajar  dengan baik ketika  mereka mau belajar, bukan pada usia  yang di tentukan  orang lain

kalangan tak mampu s dapat juga memanfaatkan teknologi , kalangan yang bervisi  jauh kedepan tentu juga dapat melakukannya  dengan jauh lebih baik.

  • di America, para karyawan  perusahaan raksasa Intel  yang mengikuti  kursus ” belajar cepat” (accelerated lerning )  berhasil meningkatkan pengetahuan sebanyak 507 persen  di banding 23 persen yang di raih oleh siswa  yang belajar dengan metode “normal”

informasi yang kompleks sekalipun dapat di serap  dan diingat dengan mudah  jika siswa benar-benar  terlibat ( di dalam proses pembelajaran)

  • Di Hastings, Selandia Baru,  anak-anak berusia 11 tahun  yang ketinggalan  lima tahun dalam hal membaca, mampu mengejarnya dalam kurun waktu delapan hingga sepuluh minggu melalui ” program membaca  denagn bantuan kaset”. padahal  ketinggal semacam ini biasanya di kejar dalam waktu 3,3 tahun.

Gunakan dunia nyata  sebagai ruang kelas; pelajari dan tindaki.

tidak harus menjadi negara besar  untuk memimpin dunia. yang paling menentukan  adalah pemerintahan yang bervisi kedepan.